Tujuan Marketing

Menukarkan nilai tambah yang ada ke sebanyak mungkin pembeli, sesering mungkin sehingga pembeli untung, penjual untung.

Definisi Ilmu Marketing?

Menyampaikan Penawaran kepada target market sehingga terjadi Penjualan yang berkesinambungan.

Pengertian Marketing Revolution?

Marketing revolution adalah ilmu menyampaikan penawaran kepada target market sehingga terjadi peningkatan penjualan yang berkesinambungan secara cepat dan besar.


Lalu bagaimana cara penyampaian penawaran yang terbaik? Disini ada 12 pilar untuk menyampaikan penawaran,

12 Pilar Penyampaian Penawaran yang Menarik dan Dipercaya

  • Press Release

Sampaikan penawaran produk anda dalam bentuk artikel bukan seperti iklan. Dalam hal ini orang cenderung akan lebih suka membaca dahulu sehingga orang yang membaca akan tergugah untuk membeli produk yang anda tawarkan.

  • Referral

Jika anda mempunyai teman silakan tawari teman anda untuk menggunakan produk yang anda jual secara cuma-cuma, tapi dengan syarat mereka mereferensikan produk anda kepada teman-teman dari teman anda.

  • Endorsement

Cara ini cukup populer dan terbukti berhasil. Yang perlu anda lakukan adalah kenalkan produk anda kepada orang-orang yang sudah terkenal dan minta mereka untuk mengenalkan produk anda untuk di endorse.

  • Melalui Advertising

Cara ini sebenarnya sudah umum dilakukan dan paling mudah. Tapi harap berhati-hati dalam penggunaan headlinenya. Besar kemungkinan jika headline iklan yang dibuat tidak sesuai maka anda sama saja membuang uang anda.

  • Direct Mail

Cara ini cukup efektif dan murah karena hanya memanfaatkan platform sosial media. Cukup kenalkan produk anda dan jelaskan melalui fitur pesan di sosial media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll. Tapi perlu diperhatikan jangan sekali-kali menawarkan produk anda secara langsung. Buka sedikit obrolan dengannya baru kemudian lanjutkan dengan memperkenalkan produk yang anda jual.

  • Jual Langsung ke Pelanggan

Cara ini siapapun bisa melakukannya dan ada yang sukses ada yang tidak. Hal ini tergantung dari cara anda menarik pelanggan dengan ucapan. Beritahukan benefit dan fitur dari produk anda dibandingkan produk kompetitor.

  • Rekrut Agen

Jika anda mempunyai modal lebih cari agen dan rekrutlah mereka. Tapi harap lakukan test terlebih dahulu dibeberapa daerah. Jika memang kondisi pasar di daerah tersebut menguntungkan baru anda merekrut agen yang berfokus di daerah tersebut.

  • Promosi Langsung ke Kustomer Produk Lain

Untuk melakukan hal ini anda harus bisa membuat diri anda terlihat meyakinkan dan bisa dipercaya. Baru setelah itu anda dapat memperkenalkan produk anda ke calon kustomer dari produk lain.

  • Menggunakan Panggilan Langsung Pelanggan

Cara ini biasa dilakukan oleh marketing Bank. Untuk melakukan hal ini harap cari waktu yang pas usahakan untuk tidak mengganggu orang yang akan anda telpon. Carilah jam-jam yang sekiranya kustomer anda sedang longgar.

  • Joint Venture

Hal ini bisa menguntungkan kedua belah pihak. Gunakan kepercayaan dari orang lain dengan sebaik mungkin. Dan usahakan untuk membuat syarat yang tidak memberatkan anda dan tidak mengganggu kinerja orang yang anda ajak kerjasama.

  • Memberikan Seminar

Di sini kita tidak harus bisa menjadi pembicara. Jika anda punya teman yang pintar berbicara ajaklah kerjasama dan sampaikan hal-hal yang perlu disampaikannya.

  • Membuka Booth/stand di tempat ramai

Ini adalah cara menyampaikan penawaran yang terakhir dan sangat sering kita jumpai di khususnya di mal-mal. Beberapa orang tidak berpikir panjang mengenai barang yang dijualnya. Lakukan tes dan studi kasus terlebih dahulu sebelum buka booth. Kira-kira barang apa yang akan laku di sana. Gunakan strategi pemasaran yang matang dan persiap produk yang akan dijual.


Setelah diatas kita membahas tentang pilar-pilar untuk menyampaikan penawaran. Kita masih harus membutuhkan teknik agar penjualan kita bisa optimal.

7 Jurus Marketing Revolusion

Fokus pada USP

  • Unique – Keuntungan penjualan yang harus berlebih
  • Selling – Buat penjualan yang heboh dan menarik banyak pihak
  • Proportion – Jumlah antara barang dan margin tidak berselisih. Harus di rencakan dengan matang.

Lakukan 6 Usaha Marketing

  • Perbanyak calon pembeli (Lead)
  • Ubah calon pembeli jadi pembeli
  • Lakukan cara untuk memperbesar beli per konsumen
  • Persering pembelian per konsumen
  • Perbanyak  konsumen memberi referensi
  • Tingkatkan margin

Ukur Semua Tindakan

Untuk membuat headline yang sensasional terlebih dahulu anda harus melakukan tes untuk membandingkan headline mana yang lebih efektif. Sehingga penjualan anda akan optimal. Untuk menghemat waktu dan biaya terlebih dahulu lakukan tes dari yang terkecil dahulu. Bila tes yang kecil sudah berhasil dilalui maka selanjutnya adalah mempersiapkan hal yang lebih besar.

Faktor Kali

Yang dimaksudkan dengan faktor kali adalah kita harus selalu mencari orang/perusahaan/negara/yayasan/teknologi/media massa yang sekali sentuh berefek multiplier setiap kali melakukan usaha/bisnis.

Produktifitas Terkait Dengan Penghasilan

Buat karyawan betah untuk bekerja dengan memberikan reward setiap ada keuntungan yang diraihnya.

Teknik Monitoring Yang Sudah Teruji

Langkah-langkah monitoring sebagai berikut:

  • Terapkan dengan detail lalu lakukan modifikasi dengan apa yang diinginkan.
    Kita tiru dari orang yang sudah sukses, karena orang sukses biasanya meninggalkan jejak. Baru setelah kita sukses meniru kita bisa memodifikasi dengan apa yang kita inginkan.
  • Sediakan papan tulis yang besar.

Harga Yang Paling Murah atau Gelap

Anda harus berani menjamin jika harga yang anda miliki merupakan yang paling murah. Dan anda harus berani menjamin harga anda yang paling murah atau anda bernai menurunkan harga anda jika ada yang lebih murah. Namun anda harus memperhatikan margin dari barang yang dijual. Jangan sampai marginnya lebih besar.

 

Advertisements