Tips 1: Buat lead magnet yang spesifik terhadap konten

Tips 2: Buat lebih dari satu lead magnet

Menyambung tips pertama, kalau anda punya banyak konten yang topiknya berbeda, tentunya anda juga akan butuh banyak lead magnet.

Lebih bagus lagi kalau kita punya 2 jenis:

  1. Lead magnet yang sifatnya umum dan nilainya tinggi, misalnya ebook. Tampilkan di seluruh halaman website
  2. Lead magnet lainnya yang spesifik terhadap konten. Tampilkan sebagai bonus ketika pengunjung membaca konten tersebut

Tips 3: Lakukan segmentasi email list

Dalam setiap proses jual-beli, terutama untuk produk yang bukan kebutuhan sehari-hari, pasti melewati 3 tahapan (Awareness, Consideration, Decision) / Buyer Journer.

Supaya upaya marketing kita efektif, orang-orang yang berada di masing-masing tahapan tersebut harus kita bedakan.

Orang-orang yang masih dalam tahap awareness, misalnya, tidak akan suka kalau belum apa-apa sudah kita minta untuk membeli. Karena mereka masih “belajar”.

Proses segmentasi ini akan jadi jauh lebih mudah kalau anda punya lead magnet yang spesifik terhadap isi dari halaman tertentu di website anda.

Tips 4: Jelaskan manfaat apa yang akan mereka dapatkan

Download template business model canvas, gratis!

Kalau anda orang yang sering baca-baca informasi seputar bisnis mungkin pernah dengar istilah business model canvas, jadi anda paham apa yang akan anda dapatkan.

Lebih dari 50% orang yang mengunjungi website anda adalah orang yang awam.

Akibatnya, lead magnet anda tidak akan jadi efektif.

Maka dari itu, jelaskan secara singkat apa yang akan mereka dapatkan dan apa manfaatnya untuk mereka.

Tips 5: Pelajari copywriting

Pelajari Copywriting dan lakukan efektifitas copywriting

Tips 6: Lakukan A/B test

A/B test itu pengujian yang dilakukan terhadap 2 (atau lebih) elemen dalam kondisi yang sama.

Dalam hal ini, yang diuji adalah lead magnet dan optin formnya. Tulisannya, isinya, atau desainnya. Supaya bisa mendapatkan konversi yang maksimal.

Tips 7: Manfaatkan social media untuk mendapatkan banyak peminat

Orang-orang di social media dan forum online biasanya suka kalau diberikan gratisan.

Apalagi yang bermanfaat bagi mereka.

Promosikan lead magnet anda ke komunitas-komunitas di social media dan forum supaya bisa langsung mendapatkan banyak subscriber.

Tips 8: Coba lead magnet yang tidak gratis?

Ini bertentangan dengan apa yang saya ajarkan sejak bab 1. Tapi tidak ada salahnya bereksperimen.

Pertimbangannya begini:

Ada banyak orang yang sebetulnya tidak akan tertarik untuk membeli produk atau layanan dari anda. Mereka cuma ingin gratisan.

Maka dari itu, coba membuat lead magnet yang tidak gratis, tapi harganya sangat murah.

Misalnya ebook seharga Rp 20.000-50.000.

Akan lebih sedikit orang yang tertarik, tapi list anda akan jadi lebih berkualitas karena diisi oleh orang yang benar-benar berminat dan rela mengeluarkan uang.

Tips 9: JANGAN memberikan janji palsu

Secara logika kita tahu ini mustahil…

…tapi banyak juga orang yang tertarik.

Kalau anda buat janji palsu seperti itu, saya yakin pasti banyak yang akan tertarik dan mendaftar.

Tapi setelah mereka tahu bahwa isinya omong kosong, mereka akan jadi benci dengan anda.

Tips 10: Rencanakan langkah selanjutnya setelah mereka mendaftar

Selalu kirimkan sesuatu minimal sebulan sekali ke email list. Kalau tidak, mereka akan lupa dengan anda.

Ini beberapa contoh yang bisa anda kirimkan:

  1. Ucapan selamat datang
  2. Ajakan untuk berdiskusi
  3. Konten yang bermanfaat bagi mereka
  4. Promosi
Advertisements