16 Jenis Lead Magnet yang Umum Beredar

1. Ebook

Lead yg satu ini sudah cukup umum ditemukan diberbagai website. Khususnya yang menawarkan artikel tips, trik, ataupun panduan berseri.

Namun karena sebegitu umumnya dan sering dianggap biasa oleh kebanyakan orang. Oleh karena itu ebook yang anda tawarkan harus,

  1. Topiknya benar-benar bermanfaat (dibahas dalam bab selanjutnya)
  2. Dikemas dalam desain yang indah

2. Artikel yang dijadikan PDF

Lead yang satu ini sebenarnya merupakan artikel dalam website. Karena artikel dirasa terlalu panjang sehingga pengunjung tidak dapat membacanya sampai habis. Oleh karena itu jalan tengah yang ditempuh adalah dengan menjadikannya sebagai file PDF.

3. Kupon Diskon

Yg satu ini pasti akan anda sering temui jika anda adalah penggiat belanja online. Ya penawaran kupon gratis bagi yang mau memasukkan emailnya.

4. Free Trial

Lead magnet yang sering digunakan bagi beberapa orang / perusahaan yang menjual software. Biasanya mereka akan menawarkan percobaan gratis selama 1 bulan untuk yg mendaftar.

5. Ajakan untuk menggunakan sesuatu

Misalnya si Aldi seorang bodybuilder atau binaragawan. Dia punya blog yang berisi panduan dan tips seputar fitness, bodybuilding, dan sebagainya.

Lalu dia membuat lead magnet…

…isinya daftar alat-alat training yang digunakan, daftar suplemen, pakaian dan kelengkapan training favoritnya, jadwal latihan yang dia ikuti, dll.

Hal ini sangat efektif dan bermanfaat karena biasanya seorang bodybuilder butuh rekomendasi terbaik dari orang yang sudah dianggap ahli.

6. Seri Panduan via Email

Yg ini biasanya diterapkan jika sebuah website mempunyai panduan yang bermanfaat dikumpulkan dalam beberapa bab. Setiap bab yang diklik oleh pengunjung biasanya memiliki sebuah lead magnet.

Dan manfaat lain dari lead ini adalah, dengan memberikan seri panduan via email, maka kita membiasakan mereka agar selalu membuka email. Karena mereka tahu ada sesuatu yang bermanfaat di dalamnya.

7. Seri panduan dalam bentuk video

Sama seperti seri panduan email, hanya saja bentuknya berupa video.

Dibandingkan artikel, PDF, dan ebook, video punya nilai yang lebih tinggi sehingga akan lebih banyak pendaftar.

8. Konten eksklusif untuk anggota

Ini juga sama seperti diatas, hanya saja lead magnet ini ditujukan untuk anggota yang sudah terdaftar sebagai bentuk apresiasi kepada anggota.

Bedanya, di sini kita memberikan banyak konten.

Lead magnet jenis ini digunakan oleh Copyblogger. Mereka menyediakan fitur keanggotaan gratis.

9. Swipe file

Swipe berarti berupa kumpulan file atau template yang dibagikan secara gratis dengan memasukkan email kita.

Swipe file bukan hanya ditujukan untuk seorang marketer. Karena website yang berisi seperti pembahasan wordpress, joomla biasanya akan memberikan template atau plugin gratis yang cukup bermanfaat.

10. Checklist and Cheatseet

Misalkan anda ingin membuat lead magnet tentang wawancara kerja.

Biasanya sebelum wawancara kerja, ada persiapan yang perlu dilakukan. Ya kan? Seperti menyiapkan pakaian, berkas-berkas, dan latihan menjawab pertanyaan.

Itulah isi dari checklist yang anda buat.

Checklist ini biasanya akan berisi 1-2 lembar halaman yang nanti akan diprint oleh pembaca.

11. Spreadsheet

Lead magnet jenis ini biasa dipakai untuk menawarkan template excel misalnya, Monthly Planner, Sheet scene film, template jadwal harian dan lain-lain.

12. Template

Lead ini biasanya akan digunakan kembali oleh pembacanya.

Contohnya template desain sampul ebook, template desain halaman Microsoft Word, template presentasi di PowerPoint, atau template blog WordPress.

Bisa juga template surat lamaran kerja, business plan, dan sebagainya.

13. Kontes berhadiah

Lead ini yang biasanya akan mendapat perhatian banyak orang.

Membuat lead ini tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya membutuhkan wordpress dengan plugin terinstal yang bernama kingsumo.

Plugin ini nanti yang akan secara otomatis akan melakukan pengacakan terhadap pendaftar.

14. Webinar atau rekaman webinar

Mengajak pembaca untuk seminar secara online dengan mendaftarkan email mereka. Video dari hasil webinar tadi akan dibagikan sebagai lead magnet.

15. Komunitas eksklusif

Membuat orang bergabung dengan komunitass eksklusif. Biasanya didalam sebuah komunitas pembaca yang awalnya hanya menjadi silent reader akhirnya akan menjadi active reader.

16. Software, aplikasi atau tool gratis

Membuat aplikasi tentunya akan lebih menarik perhatian pembaca. Karena membuatnya juga tidak mudah.

Salah satu aplikasi web yang mudah dibuat adalah Quiz.

 

Advertisements