bangun sebuah bisnis ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu NECTS,

  • Need,, Jangan hanya menjual produk yang orang lain inginkan. Pastikan jika produk yang kamu jual benar-benar mereka inginkan. Buat produk yang anda jual selalu dibutuhkan orang lain. Dalam artian bukan hanya 1 orang saja, tapi banyak sekali orang yang membutuhkan.
  • Entri,, Buatlah sebuah bisnis yang sekiranya susah untuk ditiru orang lain, tapi berpotensi sangat menguntungkan. Sehingga bisnis anda akan menguntungkan dalam jangka waktu yang lama.
  • Control,, Pastikan bisnis yang anda jalankan, anda mempunyai kontrol penuh dari ujung ke ujung. Jual bukan hanya sebuah produk saja, tapi juga jual produk lain yang sejenis.
  • Time, jangan pernah berpikir jika waktu anda akan anda tukarkan dengan uang. Fokuslah pada bisnis anda, pikirkan bagaimana cara menghasilkan profit yang besar dengan waktu anda.
  • Scalable, Jika anda membuka sebuah bisnis, rekrutlah orang lain untuk menjadi partner anda dan buka franchise dari bisnis anda. Misalkan anda membuka sebuah restoran dan yang menjadi kokinya adalah anda, lalu yang mengelola adalah anda. Dalam jangka pendek bisnis anda tidak akan bisa berkembang.

 

  • Earned traffic mendapat traffic gratis dari SEO, sosial media like dan followers, blogging, email list, forum, join venture dll. Traffic ini tidak harus bayar di depan cuma proses untuk meningkatkanya cukup lama.
  • Paid traffic mendapat traffic berbayar seperti google ads, facebook ads, media buys, solo ads. Dengan Paid traffic ini proses untuk meningkatkan trafik akan lebih cepat cepat.

Tidak ada yang namanya kekurangan traffic, kalau traffic anda kurang tinggal beli aja,,selesai. Bagus tidaknya trafik itu juga tergantung dari content dari website tersebut.

Dalam dunia digital marketing ada yang namanya content lifecycle, atau siklus kontent yang secara aplikasinya kedalam dunia bisnis harus berurutan, tidak boleh terbolak-balik. berikut content lifecycle.

screenshot-5
Struktur funnel
  1. Tofu adalah top of funnel. ini untuk coll traffic, tujuannya supaya orang datang. Content nya bisa berupa blog post, update sosial media, info grafik.
  2. Mofu adalah middle of funnel. ini untuk warm traffic. Tujuannya supaya meningkatkan subscriber. isinya educational, contentnya seperti ebook, webinar, diskon, sofwere dll.
  3. Bofu adalah bottom of funnel. ini untuk hot traffic. Tujuannya supaya orang mau membeli. Kontennya bisa berupa demo, testimoni, webinar.

7 Bagian utama dari  Lifecycle Marketing

lcm_flow_chart
Life-cycle marketing
  • Attract traffic – Menarik pengunjung ke website anda dengan konten gratis seperti ebook, voucher, konsultasi gratis, dan hal lain kepada pengunjung website atau media sosial yang didapatkan dengan cara meminta email mereka dengan tujuan untuk membawa mereka ke funnel selanjutnya.
  • Capture leads – Mendorong pengunjung untuk mendaftar ke website anda untuk menerima konten anda. Pastikan untuk menyertakan bahasa opt-in dalam bentuk web Anda.
  • Nurture prospects – Buat kampanye yang konsisten dengan informasi yang berguna dan menawarkan konten-konten anda secara otomatis.
  • Convert sales – Mengubah website anda menjadi alat marketing, dengan begitu anda dapat meningkatkan penjualan.
  • Deliver and satisfy  Anda harus memberikan kepuasan kepada pelanggan. Jangan meninggalkannya setelah anda mendapatkan penjualan. Terus jalin hubungan dengan mereka.
  • Upsell customers – Mengembangkan strategi jangka panjang untuk membantu menghasilkan penjualan tambahan dan pendapatan anda.
  • Get referrals  Terakhir, mintalah rujukan atau arahan. Ini salah satu cara untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan, dan mereka akan memberitahu teman-teman mereka tentang perusahaan Anda. Itu kesaksian yang tak ternilai.
Advertisements