Apa itu digital marketing?

Digital marketing adalah cara memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital sebagai alat bantu untuk memprcepat tercapainya target anda.

Bagaimana cara membangun sebuah bisnis?

Untuk membuat sebuah bisnis biasanya membutuhkan minimal 3 orang yang masing-masing berperan sebagai, enterpreneur, manager dan teknis.

Untuk membangun sebuah bisnis, sekiranya kamu harus paham dengan gambaran seperti konsep dibawah ini:

business-model-canvas

Yang pertama harus kamu punya adalah

  1. Cutomer : target market anda itu siapa? apa yang mereka butuhkan dan solusi seperti apa yang anda tawarkan untuk mereka?
  2. Channels : Bagaimana cara anda menawarkan produk anda, melalui website/sosmed/toko online dan yang lainnya.
  3. Customer relationship : Bagaimana cara anda berhubungan dengan customer anda (Melakukan maintenance pelanggan anda)
  4. Revenue :Memikirkan keuntungan yang ingin didapat itu bersumber dari mana?
  5. Key Resources : Aset apa saja yang anda miliki
  6. Key activities : Kegiatan apa saja yang harus di lakukan agar bisnis anda jalan
  7. key Partner  : Siapa partner anda yang ada di luar lingkup bisnis anda (Reseller dan yang lainnya)
  8. Cost : Atur semua anggaran yang anda keluarkan untuk bisnis anda.

Selain diatas ada lagi cara yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis anda :

  • Meningkatkan trafic : Meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs anda.
  • Meningkatkan frekuensi pengunjung untuk membeli produk anda kembali.
  • Meningkatkan volume pembelian pengunjung terhadap barang/ jasa yang anda tawarkan.

Membangun bisnis digital / online

Reng-reng / kerangka bisnis online

digital-marketing

Dari kerangka diatas anda bisa menyimpulkan seperti ini:

  1. Atrach interest: tahap di mana anda harus bisa mendapatkan trafic, artinya anda harus mengenalkan apa yang ada di dalam website anda kepada target market anda.
  2. Capture Leads: tahapan yang mengharuskan anda harus bisa mendapatkan kontak atau data base dari target market anda
  3. Navigasi konsumen: di sini, anda harus membimbing mereka untuk lebih mengenal produk yang anda jual. Jika anda tidak memberitahu mereka, saya jamin mereka akan pergi karena pada dasarnya mereka tidak perduli dengan anda atau apa yang anda tawarkan.
  4. Convert sales: target market anda tidak akan langsung membeli produk anda, pasti ada tahapan-tahapan yang harus anda lakukan agar target market menjadi pembeli anda. Beri mereka waktu untuk lebih memahami produk yang anda jual.
  5. Deliver & Satisfy : proses pembayaran dan jaminan kepuasan. Kebanyakan di indonesia, mereka pesan tapi bayarnya sering molor. Jika anda menemukan kasus tersebut, kejar terus mereka dengan menggunakan kata-kata yang baik dan copywriting yang tepat.
  6. Upsell : tawarkan produk yang lain kepada pembeli yang telah melakukan pembelian dengan begitu kemungkinan produk anda yang lain terjual lebih banyak.
  7. Get reveral: rekrut sebanyak mungkin partner kerja untuk bekerja sama dengan anda dan beri mereka komisi setiap kali mereka berhasil menjual produk anda (Reseller , dropshipper dan yang lainnya).

Pola pikir seorang bisnis marketer

1. Tentukan niche atau produk anda
  • Niche : Misalnya produk untuk ibu
  • Sub niche : susu kehamilan
  • Micro niche : Produk susu kehamilan untuk usia kehamilan 7 bulan

Jika anda merasa belum mematok niche untuk produk anda maka silakan jawab pertanyaan dibawah ini.

  1. Apaka target market di niche anda di kenal suka membeli?
  2. Apakah anda bisa menjual produk di niche tersebut?
  3. Apakah anda suka dengan niche ini?
2. Ketahui dengan siapa anda berbicara

Jual produk anda kepada target pelanggan yang tepat. Untuk itu kenali ciri-ciri calon pembeli anda terlebih dahulu dengan melakukan buyer persona.

3. Tentukan produk apa yang ingin anda jual

Menentukan sebuah produk yang ingin dijual merupakan suatu hal yang berkaitan dengan buyer persona.

 

Tahap merubah pola pikir target market

1. Lead magnet

Lead magnet adalah suatu hal yang di tawarkan secara gratis untuk target market agar anda mendapatkan informasi kontak mereka (sogokan).

2. Tripwire

Membuat calon pembeli anda percaya kepada anda.

Tes calon pembeli anda kira-kira mau membeli barang anda yang lainnya atau tidak. Jika pada tahap ini anda tidak bisa membujuk calon pembeli tersebut untuk beli, maka anda gagal.

3. Core offer

Bawa pengunjung untuk mencapai apa yang dia butuhkan untuk menyelesaikan masalahnya. Pada tahap ini, anda harus benar-benar bisa memberikan solusi untuk permasalahan yang di hadapi oleh calon pembeli anda.

4. Profit Maximiser

Ketika target market anda sudah membeli produk inti yang anda tawarkan artinya pembeli sudah berada di genggaman anda, jangan sampai anda membuang kesempatan tersebut. Tawari mereka dengan barang anda yang lainnya, kalau bisa yang masih berkaitan dengan produk anda. Jika anda tidak menjual produk yang terkait, anda bisa menawarkan produk yang lainnya. Tehnik ini di sebut upsell atau crosssell.

5. Return path

Buat agar pembeli tersebut kembali untuk mengunjungi website anda, kalau bisa buat mereka agar membeli kembali.

Pada tahap ini, anda harus mengingatkan keberadaan anda, keberadaan website anda. Anda bisa mengiriminya email sebulan sekali,broadcast dan yang lainnya.

Advertisements