Apa itu Landing Page?

Landing page adalah halaman pemasaran produk dimana calon pelanggan bisa membeli produk tersebut.

Landing Page sangat berkaitan erat dengan hal-hal berikut, Yang Pertama

  • Copy: teks yang digunakan dalam penjualan atau pemasaran (beda dengan copy yang artinya salin)
  • Copywriting: teknik menulis copy
  • Konversi: ketika pembaca mengambil tindakan yang anda inginkan
  • AIDA: Attention, Interest, Desire, Action. Formula untuk menciptakan struktur copy yang baik

Dan Kedua

  • Konsep desain. Yang dibahas hanya dari segi copywriting
  • Teknikal. Saya akan berasumsi anda sudah bisa membuat halaman web sendiri menggunakan kode-kode HTML atau dengan alat bantu

Dan yang ketiga

Ada baiknya anda sudah pernah melihat contoh-contoh landing page dalam berbagai fungsi.


1. Tentukan SATU tujuan dari landing page

Buat landing page satu landing page untuk satu tujuan.

Misalnya landing page untuk homepage, landing page untuk pembayaran, landing page untuk checkout.

2. Komponen utama sebuah landing page yang efektif

  • Headline yang mampu menangkap perhatian

Headline yang bagus adalah yang, tidak membosankan, tidak bertele-tele, mudah dipahami, mempunyai manfaat, terasa personal.

  • Subheadline yang memperjelas dan memperkuat headline

Buat subheadline yang menerangkan dari headlinenya. Dan buat lebih menarik.

  • Manfaat atau solusi permasalahan sebagai badan dari landing page

Buat landingpage sesuai dengan kebutuhan, misalnya mau landing page yang panjang atau landing page yang pendek. Namun usahakan untuk menerapkan AIDA.

Karena semakin panjang konten buatlah copy yang menarik untuk menghindari pembaca yang bosan.

  • Social proof/testimonial yang mampu mempengaruhi keputusan

Social proof sering disangka penipuan karena bukti yang tidak begitu meyakinkan. Untuk menghindari itu harap gunakan cara sebagai berikut.

  1. Jumlah pengguna
  2. Daftar pengguna yang “bernama”
  3. Komentar dari orang yang terkenal
  4. Komentar dari beberapa pengguna yang puas
  • Call to action (CTA) yang menonjol dan tidak menyeramkan

CTA yang bagus adalah yang berada di satu landingpage. Penempatan yang bagus ada 2 yaitu, Above the fold dan paling bawah sesuai AIDA.

Buatlah model CTA yang kreatif dan menarik.

3. Lakukan pengujian untuk mendapatkan hasil terbaik

Buatlah dua test judul yang berbeda kira-kira landing page manakah yang lebih banyak diminati oleh pengunjung? Hanya judulnya saja yang berbeda selain itu semua kontennya sama.

 

Advertisements