Gunakan Google Analyitic untuk menganalisa peningkatan keyword

Terlebih dahulu hubungkan akun Google Analytic dengan Google Search Console

Segera masuk ke Acquisition > Search Engine Optimization > Queries. Ganti show row dari 1 menjadi 500

Buka file yang barusan anda download dengan Excel atau Spreadsheet, kemudian buka sheet bernama Dataset 1. Highlight row (baris) 1 kemudian aktifkan filter dari menu Data > Filter.

Keyword Planner

Buka Keyword Planner, kemudian dari file Excel tadi copy semua data dalam kolom Queries dan paste dalam Google Keyword Planner.

Download data dari GKP dalam bentuk CSV.

Copy data Avg. Monthly Visit dari CSV ini dan paste ke file Excel pertama kita tadi di kolom kosong paling kanan.

Performa impresi

Tambahkan satu kolom lagi di paling kanan dengan judul “Performa Impresi”. Masukkan formula untuk kolom ini Performa Impresi = Impression / Avg. Monthly Visit. Salin kebawah, abaikan yang menghasilkan error (#VALUE!).

Inilah performa keyword anda. Semakin mendekati angka 1 berarti performa semakin bagus, sedangkan semakin kecil angkanya berarti performanya kurang baik dan harus diperbaiki.

Urutkan Queries berdasarkan Avg. Monthly Searches untuk menentukan prioritas.

Performa CTR (Click-Through Rate)

Untuk posisi rangking yang berbeda di mesin pencari, angka CTR standarnya juga berbeda-beda. Posisi rangking 1 memberikan CTR yang lebih tinggi daripada posisi 2, demikian seterusnya.

Advanced Web Ranking sudah membuat grafik yang menunjukkan angka CTR untuk masing-masing posisi.

Dari grafik diatas jika website anda menempati peringkat pertama, 32% orang yang melakukan pencarian akan mengunjungi website anda.

Nah, dari file Excel tadi kita bisa melihat nilai CTR untuk tiap keyword. Perhatikan terutama keyword yang nilai Average Position-nya kurang dari 5. Sesuaikan dengan grafik di atas.

Kalau nilai CTR anda lebih rendah dari grafik, berarti performa anda kurang baik.

Meningkatkan performa keyword

Dari Performa Impresi, kita bisa menentukan keyword mana yang berpotensi besar tetapi kurang dioptimalkan. Sedangkan dari Performa CTR kita bisa menilai apakah penggunaan judul kita sudah baik.

Untuk meningkatkan performa impresi, anda harus meningkatkan SEO dan tingkat relevansi website anda terhadap keyword tersebut. Caranya ada 2, pertama dengan memperbaiki halaman yang sudah ada supaya makin baik secara SEO. Kedua, dengan membuat konten baru yang relevan dengan keyword tersebut.

Sedangkan untuk meningkatkan performa CTR anda harus mengganti judul (meta title) dari halaman yang muncul di hasil pencarian. CTR rendah bisa jadi karena anda menggunakan judul yang tidak menarik minat calon pengunjung.

Advertisements