Sebagai seorang pemilik website tentunya harus selalu mengamati perkembangan pada website miliknya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui apakah performa website miliknya bagus atau tidak. Setelah melakukan pengamatan kita akan tahu hasilnya dan melakukan pengoptimalan SEO pada websitenya.

Sebelum mulai untuk melakukan pengukuran kinerja SEO, terlebih dahulu kamu harus melakukan,

Pelajari dulu bab-bab diatas kemudian terapkan ke website milikmu.

Baik setelah kamu mengetahui 3 hal diatas kamu bisa melanjutkan ke Pengaturan Kinerja SEO:

1. Integrasikan Webmaster dengan Analytic

Bagi seorang webmaster yang tentunya kedua tool ini adalah tool yang wajib digunakan. Webmaster digunakan untuk melakukan pengoptimalan terhadap mesin pencari, sedangkan analytic digunakan untuk menganalisa data pengunjung website.

Terlebih dahulu silakan kamu mendaftar ke Google Analytic terlebih dahulu.

Setelah itu lakukan pendaftaran ke Google Search Console untuk mendapatkan webmaster tool.

Silakan integrasi antara Google Analytic dengan Google Search console. Setelah berhasil silakan masukkan sitemap XML ke Google search console.

2. Lakukan crawling dengan software khusus

Website crawling adalah tool khusus yang mengumpulkan informasi tentang website kamu. Crawling bertujuan untuk memantau situs apakah terjadi error, broken link, duplikat internal, atau meta tag yang kosong.

Google search console sudah menyajikan fitur crawlink namun kurang bergitu lengkap. Nah untuk bisa menggunakan hasil crawling lebih komplit kamu bisa mengggunakan tool-tool seperti,

3. Riset Kata Kunci Lebih Lanjut

Pada beberapa artikel sebelumnya sudah saya bahas mengenai riset kata kunci. Jika kamu melakukan riset kata kunci pastikan untuk memasukkannya dalam,

  • Judul
  • Meta Description
  • Konten

Jika kamu memang 100% menargetkan mesin pencari untuk mendulang trafik kamu, lakukanlah riset kata kunci dan menganalisanya.

4. Analisa Performa Konten Website

Tujuan dari adanya SEO adalah untuk mengoptimalkan konten yang termuat diwebsite kamu. Bisa dikatakan konten adalah bagian terpenting dari website.

Karena itu jika konten kamu memuaskan, pengunjung yang membaca konten kamu puas otomatis mesin pencari akan menawarkan website kamu jika ada yang mencari.

Advertisements