Sebenarnya saya sudah pernah membahas tentang riset kata kunci termudah dari Google Keyword Planner. Dan diartikel kali ini saya hanya akan mempertegas dari artikel sebelumnya. Di sini saya mengandalkan Keyword gratisan dari Google Keyword Planner.

Mari kita ulas lagi, seberapa pentingkah keberadaan dari Keyword?

“Keberadaan dari keyword adalah sangat penting. Jika kita sudah susah-susah membuat artikel yang bagus dan sudah nangkring di pencarian Google, tapi tidak ada pengunjung sama sekali. Itu kemungkinan besar karena tidak ada yang mencari dengan keyword itu.”

Jadi adanya riset kata kunci adalah untuk menarik pembaca dan juga menarik pengunjung. Nah saat kita melakukan riset kata kunci kita juga akan menganalisa kompetisi. Tujuannya adalah untuk menghindari kata kunci yang sedang viral. Namun memilih kata kunci alternatif dengan banyak volume dan kompetisi rendah.

Baca juga : Pengertian kata kunci dan cara memanfaatkannya

Riset kata kunci dengan Google Keyword Planner

Sebelum memulainya saya harap kalian sudah bisa menggunakan Keyword Planner. Jika belum bisa menggunakannya kamu bisa menuju ke artikel ini untuk lebih jelasnya.

keyword-planner
Ini adalah halaman utama saat meriset keyword di Google Keyword Planner.

Diatas kita dapat mengetahui rata-rata pencarian dalam sebulan, kompetition dan harga dari iklan. Disana saya mengetikan jual mobile dan tampil sangat banyak. dan pencariannya juga mencapai 1M dengan kompetisi yang lumayan tinggi.

Nah disini kita harus jeli dalam memilih keyword yang akan kita pakai. Pilih pencarian dengan volum tertinggi namun dengan kompetisi yang rendah.

Misal diatas ada keyword Mobil, volumnya begitu banyak tapi kata kunci mobil itu umum dan jika kamu berniat berjual mobil maka kata kunci ini kurang cocok dengan kamu. Namun bagi yang membuat artikel kata kunci ini sangat cocok dengan kamu, karena selain volumnya banyak kompetisi rendah, harga iklan yang ditawarkan juga lumayan tinggi yaitu Rp. 2.873 per iklan. Lumayan tinggi kan?

Dan keyword yang cocok bagi kamu yang memang berniat menjual mobil, yang tepat adalah kata kunci mobil dijual dan toko bagus mobil.

Bagaimana sudah lebih mengerti kan?

Intinya jika kamu adalah seorang bisnis toko online yang tidak mementingkan iklan, pilihlah kata kunci yang volumenya banyak dengan tingkat kompetisi rendah. Tapi jika kamu merupakan seorang blogger pemburu adsense maka yang perlu kamu perhatikan adalah Volume yang banyak dengan tingkat kompetisi rendah dan memiliki nilai jual iklan yang tinggi.

Jika kamu sudah paham dengan kebaradaan kata kunci maka kamu akan lebih berhati-hati dalam memilih kata kunci. Dan ini akan berimbas dengan tingkat pengunjung yang datang ke website kamu.

Advertisements