Kita sering mendengar istilah marketing di suatu perusahaan. Marketing sendiri adalah usaha yang dilakukan perorangan/perusahaan untuk menjual produk mereka.

lalu apa itu Content Marketing? Content marketing adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk memasarkan konten-konten yang bermanfaat bagi orang lain, supaya usaha / bisnis mereka dapat dikenal oleh orang lain.

Seorang content marketer harus mempunyai pangetahuan yang cukup dalam SEO. Karena mereka menawarkan content yang harus laku di pencarian Google untuk mendapat ranking tertinggi.

Secara gampangnya konsep dasar SEO harus diketahui oleh seorang content marketer.

Seorang content marketer A menginginkan content XYZ berada di posisi teratas. Kebetulan ada pengguna yang sedang mencari XYZ lalu Google menawarkan konten XYZ dari website si A.

Google menawarkan website tersebut berdasarkan dari kualitas dari konten yang ada. Dalam artian konten yang berbobot yang akan di pilih Google. Bukan konten yang berkuantitas tinggi.

Karena konten memengang peranan penting


Lalu bagaimana saya melakukannya?

Utamakan kualitas konten

Orang mencari informasi di sebuah website bukan untuk membaca hal yang tidak penting. Oleh karena itu buatlah konten yang sekiranya bermanfaat bagi pengunjung blog. Sehingga mereka akan kembali dan kembali lagi.

Konten yang berkualitas adalah konten yang berguna bagi pengunjung. Dan kadang juga mereka akan membagikan konten blog kalian. Hal ini tentunya akan menyedot pengunjung lain untuk membaca konten kamu.

 

Kuantitas konten bukanlah hal yang penting

Jika kamu pernah menemui beberapa situs yang pokok permasalahannya hanya satu, namun mereka membelit-belitkan bahasanya sehingga konten yang ada jadi cukup banyak.

Percayalah hampir tidak akan ada yang membaca konten tersebut. Orang datang ke toko untuk membeli barang bukan untuk mendengar penjelasan dari masing-masing barang.

Untuk itu buatlah konten yang berimbang dan berkualitas ketimbang konten yang banyak namun bertele-tele. Konten inilah yang bobotnya sangat ringan malahab gak berbobot sama sekali.

Google meranking dari halaman, bukan dari websitenya

Entah kamu mempunyai 10, 100 ataukah 1000 halaman, hal itu bukanlah hal yang penting. Google hanya akan meranking halaman yang memang berbobot.

Namun jika kamu mempunyai lebih dari satu halaman dengan keyword yang sama, selamat karena kamu sudah berperang dengan halamanmu sendiri. Lebih baik kamu berfokus pada satu halaman saja ketimbang membuat banyak halaman namun kualitasnya hampir sama. Karena Google hanya akan mengindek yang palig berbobot saja.

Konten berkualitas saja belum cukup

Walaupun dalam SEO konten adalah yang paling penting, namun jika memang tidak ada yang membacanya jadinya konten tersebut hanya akan membuat toko kosong tanpa pengunjung.

Yang kamu butuhkan adalah memperkenalkan dan mempromosikan konten tersebut. Keberadaan sosial sosial media cukup berperan penting terhadap promosi konten Karena harga yang murah alias gratis juga cukup efektif.

Promosikan konten kamu di tempat yang tepat agar bisa tepat sasaran. Carilah grup atau komunitas yang sesuai dengan tema konten kamu.

Gunakan Keyword

Inilah bagian yang paling penting. Dari awal sudah saya tegaskan jika keberadaan keyword sangatlah penting di mesin pencari. Keyword yang sesuai akan mendatangkan banyak pengunjung loyal setiap hari.

Perhatikan apakah kata kunci yang kamu gunakan sudah sesuai atau tidak? Karena penggunaan kata kunci yang salah sasaran hanya akan membuat artikel kamu semakin tenggelam di mesin pencari.

Karena itu berhati-hatilah dalam memilih keyword.

Advertisements