OK sesuai janji saya pada postingan sebelumnya di Pengertian kata kunci dalam SEO. Kali ini saya akan membeberkan rahasia yang sebenarnya sudah umum untuk diketahui dan pasti sudah banyak yang tahu. Tapi tdak tahu cara menggunakannya. OK sekarang jika kamu mengikuti setiap langkah yang ada di artikel ini kamu akan bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dari sebuah blog.

Ini 100% nyata dan no Hoax. Karena banyak sekali orang yang sudah mengoptimalkan blog dan konten serta mengotak-atik webmaster tools tapi masih nihil dan tidak membuahkan hasil sama sekali. Apa yang kurang? Jawabannya adalah penggunaan kata kunci kurang pas.

Jika ikut-ikutan menggunakan kata kunci yang baru jadi viral bisa-bisa blog kamu akan tenggelam karena kalah persaingan dengan blog yang sudah besar. Namun jika menggunakan kata kunci untuk menghindari viral maka konten blog kamu tidak akan ada yang mengunjungi.

Namun sekarang kita akan menggunakan sebuah tool yang sangat-sangat berguna dan dijamin dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan cepat. Tool ini adalah Google Keyword Planner.

Tool ini adalah tool bawaan yang ditujukan untuk para pengiklan di Adword. Namun walaupun begitu kita bisa menggunakannya secara gratis. Tapi sebelum bisa menggunakan Keyword Planner terlebih dahulu kamu sudah mempunyai akun adword. Jika merasa tidak punya kartu debit/kredit silakan untuk menggunakan transfer bank saja. Karena kita cuma butuh menggunakan Keyword Palnnernya saja buka Adwordnya.

 

The Step


  • Pertama silakan kalian menuju ke halaman Keyword Planner terlebih dahulu. Setelah itu pilih yang search for new keywords using a phrase. (Abaikan peringatan pada header).

planner

  • Kemudian masukkan kata kunci yang ingin kamu cari. Buatlah maksimal 2 kata kunci agar lebih efisien dan lebih spesifik.
  • Pada kolom target silakan pilih region negara yang kalian riset dan pilih bahasanya. Setelah itu klik Get ideas.

planner-a

  • Setelah tampil silakan pilih tab Keyword ideas dan perhatikan tabel keyword dibawahnya.

planner-b

Bagaimana membacanya? Ada tiga kolom yang harus kamu perhatikan dan utamakan. Yaitu Avg monthly searches, Competitions dan Sugested bid. Apa maksudnya?

  1. Avg monthly searches, adalah rata-rata pengunjung yang menggunakan kata kunci tersebut. Nilai besaran biasanya ditandai antara 1, K (ribu), M (juta). Selalu cari keyword dengan pencarian yang banyak. Hindari menggunakan keyword dengan sedikit pencarian.
  2. Competitions, adalah range seberapa banyak website yang menggunakan kata kunci tersebut. Range yang tersedia dari Low hingga High. Sedikit tips hindari menggunakan keyword dengan competition yang tinggi.
  3. Sugested bid, adalah rata-rata harga iklan yang ditawarkan. Jika kamu adalah pengguna adsense maka kamu harus memperhatikan hal ini. Carilah keyword yang menawarkan harga iklan yang tinggi. Dan hindari meggunakan keyword dengan iklan yang murah.
  • Jika ada keyword yang yang tidak sesuai dengan daftar silakan menuju ke keyword options dan pilih ON Only show ideas closely related to my search terms. Maka yang tampil hanyalah keyword yang sesuai saja.

planner-c

 

Cukup pahami 3 kolom di atas dan lakukan riset untuk menggunakan keyword yang paling banyak dicari, tingkat kompetisi rendah dengan harga iklan yang tinggi. Alhasil tidak dalam dalam sebulan blog kamu sudah mendapatkan pundi-pundi rupiah.

Advertisements