Salah satu kelebihan layanan yang diberikan hosting adalah adanya layanan email pribadi. Ya dengan adanya layanan email kamu dapat membuat email dengan domain kamu sendiri. Ini setidaknya akan lebih personal dan lebih terlihat formal. Karena alamat email bersumber dari domain website.

Misalnya website kamu adalah http://www.oketekno.com maka alamat email kamu adalah admin@oketekno.com. Tentu lebih menarik bukan?

The Steps

Nah bagaimana cara membuatnya? Di artikel kali ini saya akan mencoba mengupas bagaimana sih caranya membuat email pribadi dari hosting? Ini dia caranya…..

  • Pertama terlebih dahulu buka cPanel dan arahkan ke tab email dan pilih email account

email-a

  • Lalu setelah itu halaman akun email terbuka dan segera masukkan nama yang akan kamu gunakan di email tersebut dan buat sandinya.

email-b

  • Setelah selesai dibuat, maka email kamu akan segera terlihat di list. Untuk melakukan konfigurasi pada email client seperti outlook ataupun thunderbolt silakan tekan set up mail client.

email-c

  • Disini kamu bisa menggunakan cara otomatis ataupun dengan cara manual. Silakan gunakan cara mana yang termudah.

    This slideshow requires JavaScript.

     


Cara setup email ke outlook

Setelah membuat email, yang perlu kamu lakukan adalah melakukan setup pada client email. Disini saya akan memperlihatkan cara setup email website kamu ke outlook bawaan (UWP apps) Windows 10.

  • Pertama buka terlebih dahulu aplikasi outlook di PC kamu lalu buka pengaturan simbol gerigi di kiri bawah > Manage Accounts.

email-f

  • Setelah itu pilih Add account dan pilih Other account (POP, IMAP).

email-g

  • Lalu silakan masukan email yang kamu buat tadi dan masukkan passwordnya lalu tekan Sign in.

email-h

  • Setelah itu yang perlu kamu lakukan pilih user account dan pilih email yang barusan kamu tambahkan.

email-i

Dan taha terakhir adalah tinggal refresh mailbox kamu untuk merefresh apakah email bisa tersambung atau tidak.

email-j

Jika ada peringatan sertifikat tidak valid atau peringatan lain, tekan saja continue dantekan Fix account.

email-k

 

Selesai, disini kamu bisa menggunakan email kamu untuk berkirim email ataupun menerima email. Untuk kapasitas email sendiri tergantung dari kapasitas storage yang kamu pilih saat pembuatan akun email.

Advertisements