Jika kamu adalah seorang yang bergelut dengan dunia hosting setiap harinya maka kamu akan sangat familiar dengan istilah Shared Hosting, VPS, Dedicated Server dan Colocation server. Namun banyak juga yang sering menggunakannya namun tidak tahu dengan arti sebenarnya.

Jika kamu adalah webmaster maka kamu harus tahu arti dari istilah Is-istilah tersebut. OK sekarang saya akan coba bantu untuk mendefinisikan pengertian dari,

  • Shared Hosting
  • Dedicated Hosting
  • VPS
  • Colocation Server

The Definitions

Shared Hosting

Jika kamu menemui hosting yang menawarkan harga yang sangat murah dengan berbagai kelebihan seperti bandwith besar dan storage yang besar bisa jadi itu adalah Shared Hosting.

Apa itu Shared Hosting? Shared hosting adalah hosting yang dimana satu server dibagi dan digunakan dengan beberapa akun lain, memakai aplikasi, hardisk, cpu dan layanan bersama-sama. Kelebihan dari shared hosting ini adalah harganya yang jauh lebih murah dan memiliki bandwith yang besar. Namun kelemahan dari shared hosting adalah server yang mudah overload, kecepatan server sangat lambat. Dan karena shared hosting menggunakan server yang dipakai bersama dengan akun lain, jaminan privasipun sangat kurang.

Namun Shared Hosting akan sangat cocok bagi website yang baru dirintis karena harga yang ditawarkan sangat murah. Tapi jika kamu sudah mengarahkan website kamu untuk urusan bisnis saya sarankan jangan memakai shared hosting. Lebih baik memakai dedicated hosting saja.


Dedicated Hosting

Harga yang relatif mahal namun dengan berbagai kelebihan seperti jaminan server uptime hingga 99% bisa jadi itu adalah Dedicated Hosting.

Dedicated Hosting adalah kebalikan dari Shared Hosting. Dedicated Hosting adalah hosting yang servernya secara khusus ditujukan hanya untuk satu akun pengguna saja. Semua aplikasi, layanan, cpu hanya boleh digunakan oleh akun yang sudah menyewa server tersebut.

Kelebihan yang ditawarkan Dedicated Hosting sudah jelas, menawarkan performa yang jauh lebih cepat dan lebih efisien karena satu server hanya digunakan untuk satu akun pengguna saja. Jaminan keamanan juga lebih baik dan backup data yang secara rutin akan dilakukan. Privasi yang ditawarkan juga relatif sangat bagus.

Sedangkan untuk kelemahannya sendiri adalah harga yang cukup mahal daripada shared hosting. Namun dengan jaminan performa yang memuaskan akan menjadikan kamu lebih percaya pada website yang sedang kamu kelola.

Dedicated Hosting sendiri terdiri dari 2 jenis server yaitu, Dedicated server  dan colocations.


VPS

Banyak sekali orang yang mengira jika VPS dan Dedicated adalah sama nyatanya tidak begitu sama. Memang sama namun dari karakterisitik berbeda. Dedicated memang mendedikasikan sebuah server yang cpu, ram, hardisk sudah ditentukan oleh hoster. Namun lain lagi dengan VPS.

VPS adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM yang mana VM tersebut berupa sebuah Virtual server. Kalian dapat menginstal sistem operasi sendiri di setiap server beserta dengan layanan-layanannya.

VPS mempunyai kelebihan yang hampir sama dengan dedicated server. Yaitu,

  • Sama-sama memiliki performa yang jauh lebih baik daripada shared hosting.
  • Tidak terganggu dengan website dari pengguna lain.
  • Mendapat root akses dari server, karena server yang ada hanya diperuntukkan untuk satu user account. Sehingga lebih bagus dalam pengelolaannya.

Kelebihan lain dari VPS adalah kamu dapat menyesuaikan penggunaannya sehingga jauh lebih fleksibel. Kamu dapat memilih spesifikasi dari VPS baik itu dari segi CPU, RAM dan hardisk. Jika VPS yang ada saat ini terasa kurang kamu tinggal tambah VPS lagi.


Colocation Server

Colocation server adalah menitipkan server kita ke layanan data center. Yang menjamin standar kemanan fisik maupun dari segi infrastruktur. Colocation mempertimbangkan aspek kestabilan arus listrik, lingkungan, UPS, temperatur, kestabilan akses internet dan keamanan. Biasanya server yang kita titipkan akan ditempatkan dalam rak khusus server.

Dengan begitu dengan colocation akan menjamin kestabilan dan performa dari server yang kita miliki. Sehingga kita tidak perlu risau lagi akan kesehatan dari server kita karena sudah terjamin.

Kelebihan dari Colocation server sendiri adalah biaya bulanan colocation tidak tergantung dari seberapa canggihnya server tersebut. Baik itu server yang low-end, mid-end ataupun high-end sekalipun akan dikenakan tarif yang sama.

Untuk kekurangan sendiri adalah jika ada server lain yang terganggu, pengguna colocation lain juga harus ikut bertanggungjawab. Karena mereka telah menyediakan tempat yang sudah sesuai standar dan sistem keamanan yang tinggi.

 

Advertisements