Pindah kelain hati Hosting adalah hal yang cukup wajar bagi para webmaster. Entah itu karena faktor ketidaknyamanan baik dengan layanan yang disediakan ataupun dar segi faktor lain. Untuk itu kita bisa mencari alternatif hosting yang lebih baik.

Tapi bagaiamana dengan website saya? Apa saya harus membuat situs web baru? Tidak usah, karena website lama juga bisa dipindahkan ke hosting baru. Lalu bagaimana caranya?

OK pada artikel kali ini saya akan membagikan caranya memindahkan website dari hosting lama ke hosting baru. Disini saya umpamakan kamu sudah mendaftar hosting baru. OK ada 2 cara yang sangat mudah sekali dan kamu bisa menggunakannya.

Sebelumnya saya anjurkan untuk membaca artikel sebelumnya,

Cara membackup WordPress dengan mudah dan cepat

 

Cara 1

Menggunakan tool backup pada Hosting

Buka cPanel dan navigasikan ke Backup wizard kemudian pilih restore.

restore-cpanel

Di halaman berikutnya silakan pilih jenis backup apa yang akan kalian upload. Karena kita memindahkan wordpress, maka kita harus mengupload Direktori dan Database MySQL.

restore-cpanel-a

Setelah itu silakan tekan restore untuk mengunggah semua data yang kamu upload.


Cara 2

Menggunakan Updraftplus Backup

Silakan merujuk ke link ini jika kamu belum menginstall Updraftplus. Silakan menuju ke Pengaturan > UpdraftPlus Backups dan lanjutkan klik Pulihkan.

updraftplus

Setelah itu kamu langsung pilih upload backup File. Kamu bisa menemukan backup file di dalam folder Cloud kamu atau bisa juga kamu download sebelumnya.

updraftplus-a

File backup dari Draftplus akan berisi file data wordpress beserta dengan database MySQL. Jadi harap bersabar untuk menguploadnya.

 

Sampai disini kamu sudah berhasil memigrasikan wordpress kamu ke hosting yang baru, Selamat….

Advertisements