Jika kita mengelola sebuah blog, kita tentu yang pertama harus memperhatikan kualitas konten kita. Yang kedua kita mempelajari pengunjung kita.

Apa yang dimaksud mempelajari pengunjung? Kalau memperhatikan kualitas konten OK lah, kita bisa mengubah gaya tulisan kita agar dapat bermanfaat bagi orang lain. Namun jika mempelajari pengunjung bagaimana caranya? Apakah memang bisa? Jelas kita bisa melakukannya.

Ada beberapa tool yang bisa kita gunakan untuk menganalisa website / webblog kita. Seperti Google Analytics, Woopra, dan lain-lain. Namun sebenarnya didalam hosting kita sendiri sudah menyediakan tool analytic sederhana yang cukup powerfull untuk mengukur tingkat dan minat pengunjung.

Baca Juga : Dapatkan kode kupon untuk daftar hosting dari website berikut

Namanya Awstats. Sudah banyak hoster yang menyediakan tool ini secara gratis untuk kamu. Tool ini cukup sederhana dan sangat mudah digunakan karena hanya berfokus pada struktur website kamu.

 


Bagaimana cara mengakses Awstats? Caranya terbilang sangat mudah.

Cukup buka terlebih dahulu cPanel hosting kamu dan cari Awstats, biasanya terdapat pada tab Analytic/metric. Kebetulan disini saya memakai hostgator jadi Awstats berada di tab Metrics.

awstat-a

Setelah kalian pilih segera arahkan website manakah yang ingin kamu analisis. Cukup tekan View

awstat-b

Setelah itu maka akan tampil halaman Awstats seperti ini. Disini kamu bisa menganalisa statistik pengunjung, apa saja minat pengunjung, halaman terlaris hingga lama pengunjung dalam post/page.

This slideshow requires JavaScript.

Bisa dikatakan Awstats sudah cukup untuk memantau aktifitas pengunjung website kamu. Namun karena tool ini merupakan tool bawaan jangan berharap banyak pada fitur. Jika kamu menginginkan fitur lebih kamu bisa menggunakan tool analytic yang lebih baik seperti Google Analytics, Woopra ataupun lainnya.

Advertisements