Seorang yang senang berkecimpung didunia Internet Marketing pasti menginginkan untuk mempermudah pekerjaannya. Apapun yang dilakukannya pasti ingin yang serba instant dan cepat.

Tak ayal dalam hal upload mengupload filepun menginginkan untuk lebih mudah dan cepat. Oleh karena itu kehadiran FTP client seakan menjadi hal yang paling dinantikan oleh seorang Webmaster.

Di Internet sendiri banyak sekali tersedia FTP client yang dapat gunakan. Ada yang totally free ada yang berbayar. Dan biasanya yang berbayar menawarkan banyak kelebihan yang cukup menarik. Namun yang versi gratis juga tidak bagus, banyak dari mereka yang menawarkan FTP client secara gratis dan powerful.

Namun yang bukan itu yang akan kita bahas, melainkan lebih untuk menyambungkan antara FTP client dengan hosting. Agar kita senantiasa dapat terhubung dan transfer dengan lebih mudah.

Pertama yang kamu butuhkan adalah FTP client, disini saya rekomendasikan Filezilla. Walaupun gratis tapi fitur yang ditawarkan sangat powerful. Bisa download disini


Untuk pertama kali yang kamu butuhkan adalah membuat akun FTP di hosting kamu. Atau kamu sudah mempunyai akun FTP kamu bisa melewati langkah ini.

ftp-a

Setelah itu masukkan username untuk login dan password. Jika kamu punya lebih dari satu domain silakan domain mana yang akan gunakan untuk trasfer file lewat FTP.

Setelah itu pastikan direktori folder yang digunakan sesuai dengan yang kamu butuhkan.

Lalu untuk Quota kamu bisa memilih batas limit dari space yang ada atau memilih unlimited.

ftp-b

Baru setelah selesai setup klik Create FTP Account. Dan lihat gambar dibawah ini.

Setelah selesai menambah akun, silakan klik Configure FTP Client

ftp-c

Maka akan tampil tab seperti ini. Disini kita dapat melihat informasi tentang username FTP, server dan Port. tolong dicatat karena ini penting untuk kamu login nanti.

ftp-d

Setelah itu buka FTP Client yang kamu punya. Disini saya mempunyai Filezilla dan langsung klik ikon di kotak merah di bawah ini.

ftp-e

Silakan buat New Site di tree entry.

Lalu masukkan host(FTP server) dan Port (bisa dikosongi),

Pilih login type ke normal dan masukkan username dan password kemudian klik connect.

ftp-f

Setelah itu tunggu beberapa saat untuk terhubung dengan hosting kamu. Jika sukses maka log akan memberitahukan successful dan Folder dari hosting akan tampil.

ftp-g


Sampai disini mudahkan? Cukup simple untuk menghubungkan FTP client dengan hosting. Selain itu dengan FTP client kamu bisa bekerja lebih cepat karena tidak perlu membuka browser terlebih dahulu.

Advertisements