OK gaes, halo kembali lagi di GProS dan pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang apa sih itu File Manager di hosting? Dan apa saja sih fungsinya.

Baca Juga : Apa sih fungsi dari file manager di hosting itu?

Dan sekarang kita akan mulai pelajaran selanjutnya yaitu gimana sih cara untuk untuk mengunggah / upload file ek hosting? Jawabannya tetap sama yaitu sangat mudah sekali.

OK langsung saja login ke cPanel kamu dan pilih File Manager

file-a

Setelah itu maka akan terbuka halaman file manager seperti dibawah ini. Lalu silakan tekan tombol upload untuk mengunggah file baru.

file-b

Maka akan tampil upload area seperti dibawah ini. Disini kamu bisa langsung menyeret file dari explore atau tekan tombol select file untuk memilih file dari File Explore.

file-d

Setelah dipilih maka akan tampil progress seperti dibawah ini. Saya anjurkan jika memang file yang akan diupload cukup banyak lebih baik untuk mengompresnya dalam format ZIP.

file-f

Setelah selesai bar menunjukkan 100% klik pada Go Back to …… Kamu akan melihat file yang sudah kamu upload.

Berhubungan file yang saya upload adalah format ZIP maka saya perlu untuk mengekstraknya terlebih dahulu.

file-g

Silakan tekan Extract dan pilih folder target untuk mengekstraknya.

file-h

 

Sejauh ini kamu sudah bisa melakukan upload file menggunakan File Manager. Namun seperti yang saya tekankan di atas jika mengunggah lebih dari satu file lebih baik file tersebut dikompres terlebih dahulu ke dalam ZIP. Hal ini karena akan menghemat waktu kita dan tentunya juga akan mempersingkat waktu upload.

Karena lebih baik mengupload satu file berukuran besar ketimbang mengupload ribuan file namun sizenya kecil.

Advertisements