Halo gaes kemaren kita sudah belajar mengenai Addons domain dan bagaimana cara menghubungkannya dengan nameserver. Nah sekarang kita mau membahas yang Subdomain.

Baca Juga : Cara membuat Domain Addons dan menghubungkannya

Apa itu subdomain? Subdomain adalah ekstensi domain dari domain induk atau dikenal sebagai anak domain. Subdomain bertempat di depan domain induk misalnya ada domain forum.kickster.com. Domain induknya adalah kickster.com sedangkan untuk subdomainnya adalah forum.

Kita dapat menarik kesimpulan jika subdomain dapat kita gunakan sesuai kebutuhan kita. Misalnya ingin membuat toko online dari situs utama tinggal buat subdomain di shop. Atau kita ingin membuat sebuah forum dari topik situs utama kita bisa menambahkan subdomain forum.

Nah bagaimana kita membuatnya? Membuatnya sangat-sangat mudah.

  • Pertama kita buka cPanel hosting dari website kita. Lalu arahkan menuju subdomain

subdomain-a

  • Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan subdomain, masukkan saja domain yang kamu inginkan. Document Root secara otomatis akan menyesuaikan dengan nama subdomain. Kamu bisa menggantinya jika kamu mau. Dan terakhir klik Create.

subdomain-b

  • Setelah memilih Create, domain kamu akan otomatis terbuat dan siap kamu gunakan.

subdomain-c

Untuk menggunakan subdomain yang baru kamu buat, cukup upload CMS yang kamu inginkan ke folder yang sudah dibuat dengan subdomain tersebut. Kamu bisa menggunakan FTP atau upload packaging ZIP langsung melalui file manager lalu diekstract.

Gimana gaes? Mudah bukan. Di subdomain kamu bisa membuat apapun untuk keperluan yang bervariasi. Entah subdomain itu kamu tujukan untuk page khusus untuk forum, download, music atau apapun yang kamu inginkan.

Advertisements