Jika kamu merupakan orang yang lagi berkecimpung di dunia bisnis online terutama internet marketing, kamu pasti akan sangat familiar dengan istilah Domain addons dan nameserver. Kedua hal inilah yang akan membuat website / blog yang kamu kelola akan tetap hidup gaes.

Jika kamu sudah membeli sebuah domain dengan harga yang sangat murah, kemudian kamu ingin menerapkannya ke website kamu padahal hostingnya berbeda. Pertanyaannya apakah bisa dilakukan? Tentu saja bisa yang perlu kamu lakukan cukup mengotak-atik nameserver kamu dan tambahkan domain addon kamu.

Sebetulnya apa sih addons domain itu? Addons domain adalah domain baru yang sudah kamu daftarkan. Addons domain mempunyai penyimpanan sendiri di hosting kamu sehingga kamu dapat memanfaatkannya untuk membuat email, domain forwarder atau membuat situs baru.

Baca Juga : Rekomendasi hosting termurah dan terbaik 2017

Untuk membuatnya cukup simple, cukup ikuti step by step yang saya buat ini. Jika kamu membeli di domain host lain cukup sesuaikan saja dengan step dibawah.

  • Disini saya contohkan membeli domain gratis dari freenom. Saya mendaftarkan domain mobileoutlet.tk dengan rentang waktu 3 bulan dan status sudah aktif.

satu

  • Disini saya anggap jika kamu sudah berhasil membeli domain di sebuah hosting. Setelah itu kamu klik ManagementTools > Nameservers

enam

 

  • Setelah kamu memilih Nameserver maka akan tampil tampilan seperti dibawah ini.

tujuh

  • Langkah selanjutnya adalah pergi ke hosting yang kamu gunakan untuk website kamu. Silakan pergi ke cPanel dan ke Account Info/Server Info.

lima

  • Perhatikan di kotak DNS INFO disana kamu akan menemukan informasi mengenai nameserver, IP address dan hostname. Cukup catat yang bagian Primary dan Secondary.
  • Setelah itu kembali lagi ke Freenom nameserver. Dan silakan hapus semua nameserver 1 hingga nameserver 5. Kemudian ganti nameserver 1 dengan Primary dan nameserver 2 Secondary.

delapan

  • Setelah itu silakan klik Change Nameservers.
  • Setelah selesai kamu perlu menuju ke cPanel hosting kamu dan menuju ke tambah domain / Addon domain

tiga

  • Disini kamu isikan New Domain Name dengan domain yang telah kamu daftarkan tadi. Subdomain dan Document Root akan otomatis terisi dengan sendirinya. Jika kamu menginginkan untuk merubahnya silakan ubah saja atau biarkan tetap default.
  • Lalu di Create an FTP account, jika kamu kedepannya ingin membuat folder tersebut dapat diakses melalui FTP silakan centang dan isikan username beserta passwordnya. Setelah itu klik Add Domain.

Sampai disini proses tersebut biasanya harus menunggu setidaknya 1×24 Jam agar domain yang diarahkan dapat diakses.

Gimana gaes, tidak sulit kan untuk melakukannya? Cara diatas dapat kamu gunakan untuk mengarahkan dari host domain lain. Cukup disesuaikan saja dengan Freenom.

 

Advertisements