Jika kita berkecimpung di dunia Internet seringkali kita mendengar tentang istilah Whois. Dan tidak jarang juga mungkin beberapa dari kita sudah pernah menggunakannya. Hanya sekedar untuk mencari tgl expire sebuah domain. Namun sebenarnya apa itu Whois? Dan apa kegunaannya?

Di posting kali ini kita akan membahas secara spesifik mengenai Whois. Dengan berbagai kelebihannya dan bagaimana cara untuk melindungi data pribadi kita di Whois.

OK pertama sebenarnya apa sih Whois itu? Whois berasal dari dua kata yaitu “Who” “is” yang kemudian sering dibaca Whois. Whois adalah sebuah protocol yang secara realtime merekam setiap data yang didaftarkan bersamaan dengan domain. Seperti nama domain, IP address, name server dan masa aktif domain. Namun sering juga Whois juga merekam data sensitif seperti email, alamat pendaftar, nama pendaftar hingga nomor telepon.

Baca Juga : Cara beli domain yang diinginkan melalui Name.com

Saat ini data whois bisa kita lihat dengan bebas di Whois.net dan Whois domaintools. Kita bisa dengan bebas melihat data lengkap dari pemilik domain tersebut. Seperti dibawah ini.

screenshot-121

Pada gambar tersebut saya mencoba melookup domain indonesia.tavel milik menpar dan kita bisa tahu hosting yang mereka pakai, masa aktif domain dan hosting hingga data sensitif seperti alamat, IP address, nomor telepon dan lain-lain. Data seperti ini memang sangat bermanfaat bagi kita yang sedang membutuhkan informasi detail mengenai sebuah domain. Namun tidak jarang juga banyak sekali yang menyalahgunakan data tersebut. Salah satunya adalah hacker dan Spammer yang sering memanfaatkan IP pemilik hingga email. Untuk digunakan sebagai kepentingan pribadi bahkan bisa merugikan orang lain.

Untuk saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan jasa perlindungan data sensitif Whois. Yang diberi berinama Whois Privacy domain atau seringkali cukup disebut Whois Privacy. Pengguna domain yang membeli privacy dari perusahaan penyedia, setiap data sensitif hingga IP address yang ada di whois akan diarahkan langsung dan digantikan dengan data penyedia service.

Ada beberapa alasan mengapa Whois Privacy begitu penting dan wajib digunakan? Ada setidaknya 3 alasan yang cukup untuk meyakinkan kamu.

  1. Melindungi identitas pribadi Seperti yang saya sebutkan diatas jika perusahaan penyedia privacy akan menggantikan data pribadi pemilik dengan data mereka. Hal ini cukup sekali membantu menjaga kerahasiaan data pribadi pada situs anda.
  2. Memblokir SPAM Kenapa banyak sekali email yang tiba-tiba dibanjiri ribuan SPAM tiab bulannya? Hal ini karena data pribadi kita termasuk email juga tersebar luas di Internet. Jadi siapapun dengan mudah akan mengirimkan bom spam ke email kamu. Namun jika kamu menggunakan Whois privacy kamu tidak perlu khawatir lagi dengan yang namanya SPAM karena email pribadi kamu akan digantikan dengan milik perusahaan penyedia.
  3. Menghindari Penyalahgunaan Telepon Di Whois nomor telepon kita akan tersebar luas dan siapapun dapat dengan udah menghubungi kamu. Tentunya kamu tidak ingin hal ini terjadi, karena nomor telepon adalah privacy. Untuk menghindari hal ini Whois privacy sangat dibutuhkan untuk menggantikan nomor telepon asli kamu dengan nomor telepon lain.

Itulah beberapa alasan mengapa Whois Privacy begitu penting khususnya bagi kamu yang sangat melindungi privacy kamu.

Advertisements