Sering sekali orang banyak yang bingung buat mencari tempat yang pas untuk membeli domain. Kebanyakan ya, termasuk saya sendiri sering membeli domain langsung dari layanan hostingnya langsung. Itu tidak masalah sih karena mereka juga biasanya membandrol hosting + gratis domain yang aktif selamanya.

Tapi disisi lain sering sekali domain yang kita inginkan tidak tersedia. Hal ini mungkin terjadi jika domain yang kamu inginkan sudah dibeli oleh orang lain dan kemudian dijual lagi dengan harga yang lebih tinggi. Ini biasanya disebut domain premium. Ya biasanya yang harga domain hanya sekitar 90 – 130 ribuan. Dengan domain premium tadi harganya bisa melambung hingga 50 juta-an. Gila banget. Tapi yang namanya orang butuh pasti bakal dibeli deh.

Baca Juga : Apa sih pengertian dari Domai dan Hosting itu?

Nah sekarang kita tidak membahas tentang domain premiumnya. Tapi kita akan membahas tentang layanan pencari domain terbesar di dunia saat ini di Name.com. Kebanyakan situs hosting menyediakan layanan pencarian domain yang diarahkan langsung ke Name.com.

Karena itu akan lebih fleksibel jika kita langsung membelinya saja ke Name-nya langsung. Name sendiri adalah perusahaan ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) yang menjadi basis domain di dunia saat ini. Dan hampir seluruh hosting mengarahkan domainn searching mereka ke Name.com.

Untuk membeli sebuah domain dari Name.com caranya cukup mudah sekali. Langsung saja menuju ke name.com dan kamu akan mendapati tampilan homepage dengan bar panjang sekali seperti ini.

name-1

Ketikan nama domain apapun yang ingin kamu daftarkan. Misalnya saya ingin mendaftarkan domain droidformal.com saya langsung tekan [Enter] dan akan tampil seperti ini

name-2

Jika nama domain yang kamu inginkan tersedia maka akan tampil seperti diatas beserta dengan harga domain. Silakan pilih Add to cart untuk membeli domain yang tersedia. Dan jika sudah yakin dengan domain yang dipilih, klik logo checkout di pojok kanan atas.

Setelah dipilih maka akan tampil halaman Review cart Items.

name-3

Dihalaman ini kamu akan diarahkan untuk memilih masa aktif domain / duration dan jika punya code promo silakan masukan ke Promo Code. Jika sudah selesai langsung pilih ke Next step.

name-4

Setelah klik Next Step kamu akan diarahkan menuju halaman pendaftaran. Silakan masukkan username yang diinginkan, alamat email dan password. Lalu centang pada I agree to Name.com …… Dan klik Create account. Setelah itu kamu akan diarahkan kembali ke halaman Review Cart Items.

Tinggal klik Next Step lagi saja.

name-5

Nah ini adalah langkah terakhir pembelian domain di Name.com yaitu melakukan pembayaran. Ada 2 metode pembayaran yang disediakan oleh Name.com yaitu dengan Kartu Kredit dan Paypal. Silakan pilih metode pembayaran yang kamu punyai.

Note: Jika memilih metode pembayaran Paypal kamu akan diarahkan ke halaman Checkout Paypal.

Jika sudah selesai membayar, Selamat pembelian Domain telah berhasil dan kamu bisa langsung menggunakannya.

Advertisements