Hai, hai sebelumnya kita sudah membahas apa itu SEO onpage dan bagaimana cara melakukannya? Hari ini kita masih membahas SEO namun seperti yang saya janjikan kemarin sekarang kita akan membahas SEO offpage.

Jika onpage adalah SEO yang berasal dari dalam blog/web kita, offpage adalah yang berasal dari luar website/blog kita. Dan yang paling sering kita gunakan adalah Backlink.

Mengapa offpage begitu penting? Begini, jika kamu mempunyai artikel yang sangat unik dan menarik namun tidak ada yang membacanya sama sekali. Itu sama saja sia-sia, ya karena kita membuat sesuatu tapi tidak ada yang memperhatikannya.

Baca juga : Apa sih pengertian dari SEO itu?

Nah di offpage ini cara yang paling ampuh adalah dengan cara membuat Backlink.

Backlink sendiri adalah link dari luar yang mengarah langsung ke blog / website kita. Misalnya artikel yang kita bagikan ke sosial media itu termasuk backlink. Karena link di sosial media tersebut mengarah langsung ke blog kita.

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk memanfaatkan backlink agar bisa efektif.

  1. Memanfaatkan sosial media baik di Facebook ataupun di Google Plus. Mereka sama-sama mempunyai fitur grup (Facebook) dan komunitas (Google plus). Kita bagikan saja link artikel kita ke grup yang sesuai dengan tema artikel kita. Misalnya kita mempunyai artikel tentang cara merawat kucing anggora  maka kita harus membagikan link tersebut ke Grup kucing anggora. Saya jamin pasti banyak anggota grup yang mengakses link yang kamu bagikan.
  2. Membuat blog bayangan yang menyetor backlink khusus ke blog kita. Kita bisa membuat blog gratisan dari WordPress.com ataupun di Blogger dan mengisikan link-link yang mengarahkan ke blog utama. Kenapa WordPress.com atau Blogger? Karena blog platform tersebut lebih cepat terindeks di mesin pencari.
  3. Gunakan layanan jasa backlink seperti fiverr atau crawlerr dan arahkan backlink tersebut ke blog kalian.

Cukup simple dan tidak berbelit-belit. Ya setelah ini coba deh terapkan ke blog atau web kalian dan lihat hasilnya.

Advertisements