Kemarin kita sudah mengulas tentang pengertian SEO dan sedikit mengulas tentang seo onpage dan seo offpage. Dan kali ini yuk kita pelajari lebih lanjut mengenai SEO onpage.

Baca juga : Apa sih SEO itu? Dan apa fungsinya?

SEO onpage merupakan seo yang dilakukan dari dalam blog/web itu sendiri. Dan ini merupakan hal yang paling penting jika akan melakukan optimasi mesin pencari.

Sering kali orang sering mengabaikan kualitas konten yang mereka tawarkan dan lebih memilih mengoptimalan offpage terutama backlink terlebih dahulu. Hal ini sebetulnya salah kaprah. Google sangat tidak menyukai hal itu, Google lebih mengutamakan kualitas konten dan bermanfaat.

OK, setelah kita mengetahui hal tersebut mari kita ulas apa saja sih yang harus kita perhatikan dalam melakukan SEO Onpage.

  1. Kata kunci adalah hal yang sangat-sangat penting dalam onpage. Buat kata kunci dengan Heading 1 ataupun 2.
  2. Judul artikel harus memuat kata kunci.
  3. Kata kunci yang termuat dalam artikel minimal harus ada 1% dari keseluruhan artikel.
  4. Usahakan link/address tiap postingan harus mengandung kata kunci.
  5. Berikan gambar yang berhubungan dengan artikel dan alt-image harus mengandung kata kunci.
  6. Link antar post harus sesuai dengan kata kunci dan tema artikel.
  7. Berikan link untuk menuju ke halaman hubungi, disclaimer, tentang, TOS dan lain-lain.
  8. Selalu rutin lakukan update pada blog mu dan jangan terlalu sering juga. Blog yang bagus akan melakukan update paling cepat seminggu 2 kali. Hal ini untuk menghindari artikel yang bertumpukan.
  9. Berikan konten yang unik setiap artikel. Unik disini berarti bermanfaat bagi pembacanya.
  10. Ini adalah hal terakhir yang cukup penting untuk pengoptimalan SEO yaitu Meta Description dan Keyword. 2 hal inilah yang menjadi tolok ukur laku atau tidaknya tulisan kamu di mesin pencari Google.

Dan itulah beberapa poin yang sangat berpengaruh dalam melakukan SEO onpage. Melakukan 10 hal diatas berarti kamu sudah siap untuk menempuh proses SEO selanjutnya, yaitu Offpage.

Dan untuk offpage akan kita bahas dilain kesempatan.

Advertisements