Di dunia online khususnya bagi penggiat blogger dan Internet marketing pasti mendengar istilah SEO. Namun saat di tanya tentang SEO banyak yang belum paham dengan benar arti dari SEO.

Nah, disini saya akan sedikit mengulas tentang pengertian mendalam mengenai SEO dan apa fungsinya dalam dunia internet.

Menurut Wikipedia, SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Sudah jelas? Dan sepertinya pengertian di atas agak sulit untuk dicerna ya. OK, intinya begini.
SEO adalah suatu proses untuk mendapatkan banyak pengunjung blog atau webpage. SEO dilakukan dengan cara mengoptimalkan konten blog kita agar mudah ditemukan di mesin pencari.

Bisa kita lihat dari gambar dibawah ini. Saat kita ingin mencari sesuatu hal tentang kucing anggora. Kita mengetikan “Kucing anggora” di kotak pencarian. Dan akan muncul beberapa web yang membahas tentang kucing Anggora.

screenshot-108

Ini bisa kita simpulkan jika SEO sama dengan menempatkan blog/web kita ke posisi pencarian teratas.

Dalam SEO sendiri terdiri dari 2 bagian, yaitu SEO onpage dan SEO offpage.

SEO Onpage itu melakukan optimasi dari dalam page kita sendiri. Ini termasuk konten blog/web, sistem navigasi, sitemap, link source, gambar dan semuanya yang ada dalam blog/web kita.

SEO Offpage itu sebaliknya, yaitu melakukan optimasi diluar blog/web kita. Yang paling kita kenal adalah backlink dan optimasi pada Webmaster.

Melakukan keduanya akan sangat bagus dan berimbas mendapat pengunjung yang sangat banyak. Namun dalam kasus yang ada saat ini banyak sekali yang hanya menjalankan offpage nya saja. Apalagi jika tidak backlink.

Dulu memang sangat mudah sekali menerapkan SEO hanya dengan teknik offpage. Namun jangan berharap kamu bisa melakukannya saat ini. Semenjak Google menerapkan aturan baru yang diberi nama SEO Panda. Google kini lebih mengutamakan kualitas konten yang baik dan bermanfaat.

Ada baiknya sebelum melakukan SEO offpage kamu harus memperhatikan kualitas konten pada blog kamu. Konten yang bermanfaat merupakan konten yang sangat bagus dan Google sangat menyukai itu.

Advertisements